Kecamatan Karawaci Kota Tangerang Sukseskan Kegiatan Forum Aksi Pendekar Pancasila

  • Whatsapp

Tangerang. Nawacitanews2 – Kecamatan Karawaci Kota Tangerang sukses laksanakan kegiatan Forum Aksi Pendekar Pancasila yang diadakan pada Jum’at (23/) di Kampung Markisa lingkungan RW 02.
Diketahui bahwa Kampung Markisa sangat sejuk indah tertata rapi. Buah Markisa terlihat bergelantungan, tanaman hijau, tempat bermain anak, perpustakaan, setiap jalan dan rumah di cat berwarna-warni. Disinilah tempat pencanangan Forum Aksi Pendekar Pancasila diadakan.

Tihar.SE.Msi Camat Karawaci di sela-sela acara mengatakan, warga masyarakat kel.Pasar Baru Kec.Karawaci merasa senang dengan dipilihnya Kampung Markisa menjadi tempat kegiatan Pencanangan Pendekar Pancasila.

“Sebenarnya kampung Markisa sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, musyawarah, persatuan dan keadilan sosial. Dan kini menjadi Destinasi wisata dan pembelajaran untuk siswa sekolah.” ujar Tihar.

Camat Karawaci berharap, Mudah-mudahan semua masyarakat, khususnya masyarakat  Kecamatan Karawaci mengambil hikmah dari kegiatan ini.  “Kegiatan Pendekar Pancasila di kampung Markisa, merupakan bagian dari Butir-butir Pancasila, seperti gotong royong, penetaan lingkungan, membuat lingkungan menjadi tertib dan aman. Hal ini merupakan implementasi dari pengamalan  butir-butir Pancasila,” katanya.

Tihar menjelaskan, kedepan  apa yang menjadi tolak ukur Pemerintah guna menjadikan Kota Tangerang menjadi kota yang masyarakatnya sejahtera dan berdaya saing.  Dahulu kampung markisa itu adalah tempat pembuangan sampah, kemudian dikelola dan ditata rapi menjadi tempat yang bersih, sehat, sebelumnya gelap kini diterangi lampu-lampu yang indah.

“Dari tempat yang jorok,  kumuh, bau serta kurang sehat kini tertata rapi dan menumbuhkan perekonomian rakyat dengan menanam buah dan sayur. Selain mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sekaligus meningkatkan ekonomi kesejahtraan rakyat,” jelasnya.

Tihar melanjutkan, setelah pembuatan Kampung Tertib Lalu Lintas (Talas), di RW 05 Kelurahan Cimone sudah di buat Kampung Mural. Kampung ini adalah tempat masyarakat berkreasi terkait seni dan budaya.  ” Harapan kami, setiap daerah harus mempunyai Kampung  yang bertema serta menjadikan tempat yang asri dan meningkatkan ekonomi rakyat. Dalam pembentukan Kampung itu tentunya sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” kata Camat Karawaci mengakhiri.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pihak Pemerintah Kota Tangerang ( Pemkot) melalui program Kampung kita sudah melaksanakan amanat yang ada dalam idiologi Pancasila. Dengan kegiatan Kampung kita, para warga masyarakat tentunya sudah bersilaturahim, bergotong royong dan bermusyawarah.

” Tentunya dalam silaturahim ini para warga dapat memahmi karakter masing-masing, dengan demikian segala bentuk perpecahan dapat dihindari. Persatuan dan kesatuan akan terus terjaga serta menularkan hal positip ini ke masyarakat lainnya,” kata Sachrudin.


Selain itu, tambahnya, Pemerintah Kota Tangerang melakukan pembinaan di setiap wilayah yang merupakan Tugas pokok dan fungsinya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kewajiban diri, sadar dan peduli terhadap lingkungan dan dapat memenuhi kebutuhannya secara ekonomi.


Program Pemerintah Kota Tangerang sekarang menukik kepada masyarakat, kampung-kampung yang dibentuk dengan melibatkan semua Dinas yang ada.


“Seperti Dinas Pemuda dan Olahraga memfasilitasi kegiatan olah raga, begitu juga dengan Dinas Kesehatan dan lain-lain. Semua Dinas ikut serta dalam kegiatan di semua wilayah Kota Tangerang,” ungkapnya.


Selanjutnya, ada 36 nama Kampung yang ada disetiap lingkungan. Hal ini menjadi kebutuhan Masyarakat yang semuanya membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan. Program Kampung kita sangat efektif, mengingat masyarakat Kota Tangerang yang Hetrogen dapat mengimplementasikan Nilai-nilai luhur Pancasila dengan program Kampung kita.


Pemkot juga mendorong Masyarakat untuk menjadi bagian Pemerintah Indonesia, dengan nilai-nilai gotong royong yang ditancapkan menjadi Pondasi yang kokoh serta mendorong peran serta Masyarakat melalui Program Kampung kita.


Diketahui, lanjut Sachrudin, Pemkot Tangerang berhasil melaksanakan Program Penurunan Suhu Udara, serta menjadi Finalis 10 Kota yang berasal dari berbagai Negara dalam Million Cool Roofts Challenge yang diadakan oleh Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London.


“Tantangan kedepan diharapkan menjadi Bangsa yang unggul menghadapi pekerjaan dengan teknologi canggih. Pemkot mempersiapkan SDM dan penguatan Ideologi Pancasila dan wawasan Kebangsaan secara Kontiniu harus terus dikembangkan pada generasi muda,” jelas Sachrudin.

Kegiatan ini dibuka oleh Haris Heru Utomo dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP).
Dalam sambutannya Haris mengatakan, sangat kagum saat meninjau beberapa Kampung, karena nama-nama Kampung mencerminkan nilai – nilai Pancasila.


“Saat diajak oleh Camat Karawaci tadi saya kagum, ternyata Kampung Talas adalah kampung tertib berlalulintas dan disini adalah Kampung Markisa yang artinya mari kita sadar. Nilai nilai Pancasila sudah dijalankan di lingkungan warga,” kata Haris.


Tambahnya, disetiap Program Kampung yang dilaksanakan Pemkot Tangerang sudah menanamkan nilai-nilai Pancasila, dengan silaturahmi, kebersamaan dan gotong royong yang sekaligus meningkatkan Ekonomi Masyarakat dalam hal ini adalah Keadilan sosial. Diharapkan generasi muda melaksanakan nilai-nilai Pancasila dengan kegiatan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat.


Keberhasilan Pemkot Tangerang dalam kegiatan Kampung kita, diharapkan dapat menggali nilai-nilai Pancasila melalui kearifan lokal yang akan ditularkan kemasyarakat lain.
” Pemerintah berterima kasih kepada Pemkot Tangerang, karena dengan adanya Kampung kita masyarakat sudah melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Semoga kita semua Pendekar Pancasila,” kata Haris.

Alam Gumilar yang mewakili Lurah, menjelaskan kegiatan Forum Aksi Pendekar Pancasila merupakan kegiatan Kominfo, pihaknya hanya menyediakan tempat pelaksanaan.


Menurut Alam, acara dihadiri Wiryanto, Dirut Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Kominfo, Dedi Hermawan, Staf Khusus Mentri Kominfo dan Haris Heru Gutowo dari BPIP. Selain dihadiri oleh Camat Karawaci,
peserta dihadiri lebih dari 150 peserta dari semua Kelurahan se- Kecamatan Karawaci. Terdiri dari Tokoh Masyarakat, para Lurah Dan Dinas Terkait.

(Adv/mar)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *